, , ,

Disketapang Kukar Siap Dukung Kemajuan Pertanian dan Kesejahteraan Masyarakat

Foto : Kepala Disketapang Kukar, Sutikno saat diwawancarai oleh wartawan.

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Tahun 2024 menandai babak baru bagi Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kutai Kartanegara (Kukar) dalam mengantarkan ketahanan pangan dan memajukan sektor pertanian. Didukung alokasi anggaran senilai Rp6,1 miliar dari APBD Kukar 2024, Disketapang siap meluncurkan berbagai program inovatif demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kukar.

Berfokus pada optimalisasi produk beras dan memastikan ketersediaannya bagi masyarakat, Disketapang akan gencar melakukan sosialisasi dan edukasi. Bantuan 3 unit lumbung pangan, 6 unit lantai jemur, dan 2 unit Rice Milling Unit (RMU) kepada para petani diharapkan menjadi suntikan semangat dan kekuatan baru dalam sektor pertanian.

BACA JUGA  Tegaskan Bahwa Sapi Di Kukar Bebas PMK, Distanak Kukar Ambil Sampel Pada Sapi

“Kita akan berikan bantuan 3 unit lumbung pangan, 6 unit lantai jemur dan 2 Rice Miling Unit (RMU),” ujar Kepala Disketapang Kukar, Sutikno.

Ia mengatakan, saat ini Disketapang Kukar tengah giat mempersiapkan program bantuan alat pertanian. Persiapan meliputi sosialisasi dan penyaluran alat-alat kepada Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang telah ditentukan dengan Peta lokasi penerima manfaat telah disusun untuk memastikan distribusi yang tepat sasaran.

Sutikno mengatakan, Disketapang Kukar sedang giat mempersiapkan program bantuan alat pertanian yang akan didistribusikan kepada kelompok tani dan gabungan kelompok tani (Poktan dan Gapoktan) di beberapa desa.

BACA JUGA  Jembatan Sambera Kembali Kokoh Menghubungkan Muara Badak dan Marangkayu

Bantuan yang akan diberikan adalah Lumbung pangan untuk menyimpan hasil panen dengan aman dan terjaga kualitasnya, Lantai jemur untuk mengeringkan hasil panen dengan lebih cepat dan merata dan Rice Milling Unit (RMU) untuk membantu proses penggilingan padi menjadi beras.

Lanjutnya, desa desa yang akan menerima bantuan, Lumbung pangan: Poktan Usaha Abadi Desa Loa Duri Ulu Kecamatan Loa Janan, Gapoktan Bina Tani Desa Beringin Agung Kecamatan Samboja, Desa Sidomulyo, Kecamatan Tabang. Untuk Lantai jemur: Poktan Sidomakmur Desa Mulawarman Kecamatan Tenggarong Seberang, Poktan Pasir Putih Desa Sebuntal Kecamatan Marangkayu, Poktan Sumber Harapan Desa Handil Terusan Kecamatan Anggana, Kelurahan Sungai Merdeka Kecamatan Samboja, Gapoktan Mulia Abadi Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu dan Desa Sidomulyo, Kecamatan Tabang.

BACA JUGA  Bupati Kukar Inginkan Perubahan di Dewas LPPL RPK Kukar Periode 2024-2029

Lalu, untuk RMU akan diberikan ke Desa Sidomulyo Kecamatan Tabang dan Desa Beringin Agunng Kecamatan Samboja. “Di Desa Sidomulyo akan dapat paket lengkap. Lumbung pangan, lantai jemur sama RMU. Sekarang sedang kita proses siapkan,” jelasnya.

Selain itu, dirinya berharap program ini dapat mendorong pertumbuhan berkelanjutan, meningkatkan ketahanan pangan, dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

Bagikan:

Berita Terkait