, ,

Pemkab Kukar Siap Mendorong Petani Kakao di Kecamatan Loa Kulu

Foto : Bupati Kukar, Edi Damansyah kunjungi Rumah Cokelat Desa Lung Anai. (istimewa)

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Perkebunan kakao di Kecamatan Loa Kulu menjadi fokus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar).

Hal ini ditegaskan melalui peresmian Rumah Cokelat di Desa Lung Anai, Kecamatan Loa Kulu oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah pada Februari 2024 lalu.

Dalam kunjungannya, Edi menyampaikan bahwa wilayah Kukar memiliki perkebunan kakao yang harus di kelola dengan baik. Dengan adanya Rumah Cokelat menjadikan tempat pengolahan hasil panen dari perkebunan kakao.

BACA JUGA  Kukar Gerak Cepat Atasi Inflasi: Upaya Bersama Menuju Ketahanan Ekonomi

“Tempat produksi sudah ada, selanjutnya tinggal menyiapkan bahan dan meningkatkan kualitas produksinya,” ucapnya.

Dirinya menginginkan adanya peningkatkan hasil panen kualitas buah kakao dengan budidaya yang tepat, serta menaikan ekonomis buah kakao dengan pengolahan menjadi cokelat.

Lanjutnya, Pemkab Kukar akan membantu memfasilitasi program peningkatan produksi serta budidaya, hal ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi kelompok tani dan pegawai produksi.

BACA JUGA  Desa Perangat Selatan Genjot Pembangunan di Tahun 2024

“Nanti Pemkab akan fasilitasi pelatihan atau pemberian bibit bagi petani, Kredit Kukar Idaman juga kita sediakan untuk penambahan modal,” jelas Edi.

Selain itu, Beliau berharap agar sektor kakao di Kukar dapat terus berkembang dan memberikan manfaat baik bagi masyarakat dan daerah. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

Bagikan:

Berita Terkait