, ,

Pemkab Kukar Bercita-cita 50 Ribu Penduduk Miliki KTP Digital di Tahun 2024

Foto: Ilustrasi Aktivasi Layanan IKD di Kukar. (istimewa)

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Target 50 ribu pengguna Identitas Kependudukan Digital (IKD) optimis dicapai oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iryanto, mengungkapkan bahwa Berbagai upaya percepatan telah dilakukan, salah satunya dengan menerapkan sistem pelayanan ke desa dan kelurahan.

“Target kami 50 ribu aktivasi IKD tahun ini. Jika sistem aktivasi IKD di pusat sudah terintegrasi dengan teknologi Face Recognition (FR), target tersebut berpotensi naik menjadi 100 ribu,” ungkapnya.

BACA JUGA  Pemkab Kukar Bantu Desa di Kecamatan Kota Bangun Darat Atasi Sampah

Menurut informasi, tercatat sebanyak 20.500 warga Kukar telah beralih ke Identitas Kependudukan Digital (IKD), melampaui target yang ditetapkan di tahun 2023.

Persentase mencapai 19%, menjadikan Kukar sebagai daerah dengan aktivasi IKD terbanyak di Kalimantan Timur.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar menunjukkan komitmennya dalam mendorong transisi digitalisasi melalui program ini.

BACA JUGA  Warga Di Desa Kota Bangun Ulu Lakukan Penyiraman Rumah

Diharapkan, IKD dapat mempermudah masyarakat dalam mengurus berbagai keperluan administrasi kependudukan.

“Percepatan aktivasi IKD ini merupakan langkah nyata untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Kukar,” jelas Iryanto.

Dirinya pun menghimbau masyarakat untuk tidak ragu dalam mengaktifkan IKD. Caranya mudah, cukup datang ke kantor kecamatan dengan membawa ponsel.

Layanan aktivasi IKD juga tersedia di kantor Disdukcapil, Mal Pelayanan Publik, dan seluruh kantor kecamatan selama jam kerja. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

BACA JUGA  Pelatihan dan Pendampingan Usaha Akan Digencarkan DiskopUKM Kukar

Bagikan:

Berita Terkait