,

Kelurahan Maluhu Akan Menggelar Festival dan Safari Ramadh

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Festival dan Safari Ramadhan akan diselenggarakan di Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) selama bulan ramadhan.

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro menyampaikan bahwa Pemerintah Kelurahan menggandeng Karang Taruna untuk pelaksanaan kegiatan ini. Dan Festival Ramadhan akan dimeriahkan dengan lomba-lomba keagamaan, dengan rencana bertempat di RT 08 Masjid Al Munawaroh.

“Sudah kami tetapkan susunan kegiatannya, tinggal pelaksanaannya saja,” ucap Tri Joko.

Beberapa perlombaan keagamaan pada Festival Ramadhan adalah lomba hafalan surah pendek, lomba adzan, lomba qiroati, lomba kaligrafi dan lomba gerebek sahur.

BACA JUGA  Diresmikan oleh Bupati Kukar, Gedung Baru BAZNAS di Kecamatan Tenggarong Seberang

Ia mengungkapkan, lomba gerebek sahur yang paling dinantikan oleh warga. Sebab, warga dari desa dan kelurahan lain turut meramaikan ketika lomba ini digelar.

“Ini bukan hanya untuk warga Maluhu, tapi kami buka untuk umum. Banyak warga menunggu dilaksanakan lomba gerebek sahur,” ungkapnya.

Lanjutnya, Pendanaan kegiatan Festival dan Safari Ramadhan akan didukung oleh Pemerintah Kelurahan. Namun, warga dihimbau untuk tetap melaksanakan iuran agar kekompakan antar masyarakat tetap terjalin.

BACA JUGA  FKDM Kecamatan Mengikuti Sosialisasi yang Digelar oleh Kesbangpol Kukar

Tri menjelaskan, rangkaian kegiatan selama bulan ramadhan ini turut melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Silakan warga untuk memanfaatkan hal ini karena bisa menjadi sumber ekonomi di bulan ramadhan,” jelasnya.

Selain itu, Program Safari Ramadhan juga akan dilangsungkan oleh Pemerintah Kelurahan Maluhu dengan rangkaian kunjungan dari setiap Masjid dan Langgar yang ada. Pihaknya juga akan menyalurkan bantuan berupa ambal.

BACA JUGA  Studi Tiru ke Dampit Malang, Berharap Budidaya Kopi di Kukar Segera Berkembang

“Nanti dibantu oleh Karang Taruna, bisa juga ditambahkan sebagai hadiah perlombaan yang lain,” Kata Tri.

Safari Ramadhan akan dimulai sejak awal bulan ramadhan sampai pertengahan bulan, lalu dilanjutkan kembali pada 24 Maret. Selagi menunggu, waktu kosongnya akan digunakan untuk Festival Ramadhan.

“sampai pertengahan bulan puasa, lalu dilanjut festival. insyaallah akan menjadi keberkahan dan kebermanfaatan di bulan ramadhan,” harapnya. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

Bagikan:

Berita Terkait