, ,

Pemdes Tuana Tuha Siap Kembangkan Produk Gula Aren Guleku

Foto: Produk Gula Aren Guleku milik Desa Tuana Tuha. (istimewa)

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Bertekad untuk memperluas jangkauan pasar, Pemerintah Desa (Pemdes) Tuana Tuha di Kecamatan Kenohan, Kutai Kartanegara (Kukar) terus mengoptimalkan potensi produk unggulannya, yaitu gula aren.

Melalui inovasi kemasan sachet yang praktis dan terjangkau, Guleku, merek gula aren lokal ini, siap menembus pasar modern seperti Indomaret.

“Kami ingin Guleku dapat dinikmati lebih banyak orang. Oleh karena itu, kami hadirkan kemasan sachet yang lebih kecil dan ramah kantong,” ucap Tommy, Kepala Desa Tuana Tuha.

BACA JUGA  Peningkatan Masjid di Kukar: Pemkab Bantu Perbaikan Sarana dan Legalitas

Lebih lanjut, Dirinya menjelaskan bahwa Guleku telah mengantongi sertifikat halal dan telah menjalin kerjasama dengan beberapa hotel di Balikpapan. Keberhasilan ini menjadi modal kuat bagi Guleku untuk melangkah lebih jauh ke pasar modern.

“Kami yakin dengan distribusi yang lebih luas di Indomaret, Guleku akan semakin dikenal dan digemari masyarakat Kaltim,” imbuhnya.

BACA JUGA  Merespon Aspirasi Masyarakat, Pemdes Loleng Salurkan 1000 Bibit Sawit Ke Petani

Tak hanya itu, produknya juga telah memiliki Indikasi Geografis (IG), yang menandakan keaslian dan kualitas produk turunan gula aren dari Desa Tuana Tuha. Hal ini membuka peluang ekspor Guleku ke mancanegara di masa depan.

Dengan inovasi dan strategi yang tepat, Kades Tuana Tuha itu berharap dapat menjadi produk lokal yang membanggakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Tuana Tuha. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

BACA JUGA  Desa Kersik Berhasil Memproduksi Garam Secara Mandiri

Bagikan:

Berita Terkait