, ,

BPBD Kukar dan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Jalin Kerjasama Perkuat Kemampuan Rescue

Foto : Foto bersama setelah Kunjungan Kerja BPBD Kukar dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan.

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan dalam menghadapi berbagai bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanegara (Kukar) menjalin kerja sama strategis dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan.

Kerja sama ini diwujudkan melalui penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Tenaga Kebencanaan/Rescue BPBD Kukar. Diklat ini dirancang untuk membekali para personil dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam menangani situasi darurat dan bencana alam.

Langkah awal untuk merealisasikan kerja sama ini telah dilakukan melalui kunjungan resmi BPBD Kukar ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan pada Senin (18/3/2024). Kunjungan ini dipimpin oleh Sekretaris BPBD Kukar Edy Mardian, mewakili Kepala Pelaksana (Kalak) Setianto Aji Nugroho. Edy didampingi oleh Kasubbag Umum, Ketatalaksanaan dan Kepegawaian Vera Wahyu Aswardi, serta Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan A M Asnan.

BACA JUGA  Rendi Solihin Sempatkan Diri ke Monumen Patung Bung Karno saat Safari Ramadhan di Sangasanga

Dalam kunjungan kerjanya, Edy dan stafnya bertandang ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan. Di sana, mereka diterima dengan ramah oleh Dodi Setiawan Suwondo, sang Kepala Kantor.

Atas nama BPBD Kukar, Edy menyampaikan tujuan kedatangannya, yaitu menjalin kerjasama dalam bentuk pelatihan bagi Tenaga Kebencanaan/Rescue. Ia menuturkan bahwa masih ada beberapa personel BPBD Kukar yang belum memiliki sertifikasi. Oleh karena itu, ia berharap kerjasama ini dapat membantu mereka mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikasi yang diperlukan.

BACA JUGA  Pemkab Kukar Siapkan Dana Rp250 miliar untuk Pembangunan Tahap Kedua Pasar Tangga Arung

“BPBD Kukar masih memiliki personel yang belum tersertifikasi, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi kerjasama pelatihan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dodi Setiawan Suwondo, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, bersama Ninik, Penata Kelola Pencarian Dan Pertolongan, menyambut penuh sukacita kedatangan tim BPBD Kukar. Gagasan kerjasama yang diajukan BPBD Kukar disambut hangat oleh mereka.

BACA JUGA  Sistem Baru Pasar Ramadan, Pemerintah Tenggarong Dukung Pelaku Usaha dan Mudahkan Akses Masyarakat

Dodi memaparkan beberapa rekomendasi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang dapat diikuti oleh Pasukan Kebencanaan/Rescue BPBD Kukar. Diklat Water Rescue (penyelamatan di air) dan Jungle Rescue (penyelamatan di hutan) menjadi beberapa saran utama dari Dodi. Menurutnya, Diklat Water Rescue dan Jungle Rescue sangatlah cocok dengan situasi dan kondisi di Kukar.

“Setiap daerah memiliki kebutuhannya sendiri, dan pelatihan di Kukar akan dirancang untuk sesuai kebutuhan disana,” tandasnya. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

Bagikan:

Berita Terkait