, ,

Edi Damansyah Pimpin Upacara Peringati Hari Buruh

Foto: Bupati Kukar Edi Damansyah, potong tumpeng bersama perkumpulan buruh selepas Upacara. (istimewa

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) 2024 dengan penuh khidmat.

Ratusan buruh dari berbagai serikat pekerja bersatu padu bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam upacara di Halaman Kantor Bupati Kukar.

Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah, ini dimeriahkan dengan pembacaan sikap dari perwakilan buruh dan penyerahan santunan jaminan kematian bagi pekerja rentan. Ahli waris Budi Harianto menerima santunan sebesar Rp42 juta.

BACA JUGA  Sistem Penilaian Tanah Kukar Diperbarui, Peta Zona Nilai Tanah 2023 Dirilis

Edi Damansyah, dalam sambutannya menegaskan peran penting buruh dalam pembangunan bangsa.

Ia menyebut buruh bukan hanya penggerak ekonomi, tetapi juga aktor utama pembangunan. Jumlah mereka yang besar menjadikan buruh sebagai salah satu kekuatan utama dalam menentukan arah bangsa.

“Buruh ada di mana-mana dan hampir setiap sektor ekonomi membutuhkan tenaga mereka,” jelas Edi, Rabu (1/5/2024).

BACA JUGA  Pemerintah Kecamatan Loa Kulu Segera Mulai Pembangunan Infrastruktur

Menurutnya, buruh bukan hanya mereka yang melakukan pekerjaan kasar dengan upah rendah. Buruh diartikan sebagai orang yang bekerja untuk orang lain dengan mendapat upah. Artinya, hampir seluruh lapisan masyarakat dapat dikategorikan sebagai buruh, selama mereka bekerja dan mengharapkan upah dari orang lain.

Oleh karena itu, Beliau mengajak para pengusaha dan pekerja untuk saling bersinergi dan membangun komunikasi yang harmonis. Dengan begitu, diharapkan ke depan tidak ada lagi perselisihan antara pengusaha dan buruh yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ekonomi negara.

BACA JUGA  Pemkab Kukar Terima Kunjungan Pj Bupati Belitung dan Jajarannya

“Mari kita bersama-sama majukan dunia usaha dan ciptakan kesejahteraan bagi para buruh,” pesannya. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

Bagikan:

Berita Terkait