, ,

Lakukan Patroli dengan Pengeras Suara, Disdamkarmatan Imbau Warga Lebih Waspada dan Berhati-hati

Foto : Petugas Patroli yang dilakukan oleh Disdamkarmatan Kukar.

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Cegah Kebakaran saat bulan Ramadan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kutai Kartanegara (Kukar) lakukan Patroli di seputar wilayah Tenggarong dan sekitarnya.

Disdamkarmatan Kukar melakukan kegiatan patroli dengan menggunakan mobil dan speakers, dengan tujuan untuk memberikan imbauan dan sosialisasi kepada warga supaya lebih berhati hati selama bulan Ramadan. Khusunya pada waktu waktu vital, seperti sahur, berbuka puasa dan salat tarawih.

BACA JUGA  Hadiah Umrah Diberikan Bupati Kukar dalam Kegiatan Pengajian dan Buka Puasa Bersama

Kepala Disdamkarmatan Kukar, Fida Hurasani menjelaskan bahwa hal ini bertujuan agar masyarakat lebih waspada dan memperhatikan barang elektronik serta peralatan memasak sebelum melaksanakan ibadah atau meninggalkan rumah.

“Ketika sedang memasak sahur, berbuka atau pergi salat tarawih, bisa lebih diperhatikan barang elektronik atau perabotan dirumah,” ucapnya.

Dirinya mengungkapkan, bahwa kejadian kebakaran bisa terjadi akibat kelalaian atau human error setelah melihat beberapa peristiwa kebakaran sebelumnya, seperti lupa mematikan kompor atau adanya tegangan tidak normal arus listrik yang dibiarkan.

BACA JUGA  Sekda Kukar Ungkap Rencana Pembangunan dan Bantuan Kukar Idaman

Patroli yang dilakukan oleh Disdamkarmatan menyasar kawasan padat penduduk. Sebelumnya, kegiatan ini sudah digiatkan sebelum bulan Ramadan. Tetapi, lebih di dioptimalkan pada bulan Ramadan.

“Kita lebih sering lakukan di bulan puasa ini, pada waktu selesai salat tarawih dan setelah sahur. Kedepannya, akan ada jadwal tambahan untuk patroli,” jelas Fida.

Tak hanya di Tenggarong, melainkan sudah dilakukan di Kecamatan-Kecamatan, Kelurahan dan Desa yang ada di kukar. Disdamkarmatan Kukar bekerja sama dengan relawan-relawan yang ada di daerah.

BACA JUGA  Perangi Stunting, Disketapang Kukar Bagikan Telur dan Susu untuk Siswa SD

“Harapannya dengan adanya patroli ini memberikan kesadaran kepada warga untuk tetap waspada dan lebih memperhatikan kondisi dirumah,” ungkapnya. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

Bagikan:

Berita Terkait