, , , ,

Bupati Kukar Minta Pejabat Adaptasi dengan Tanggung Jawab Baru

Foto : Bupati Kukar, Edi Damansyah saat diwawancarai oleh wartawan.

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah telah melantik pejabat struktural menjadi pejabat fungsional. Ia meminta kepada seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar untuk memahami peran dan tugas yang mereka bawa.

Karena, Edi mengamati beberapa pejabat masih belum mengerti akan tugas pokok dan fungsi dalam jabatan fungsional mereka. Dirinya mengingkan agar hal ini menjadi isu menjadi prioritas bagi pejabat Kukar untuk meningkatkan kinerja di pemerintahan.

Perubahan dari jabatan struktural ke fungsional merupakan sebuah langkah krusial untuk mendongkrak mutu dan efektivitas pelayanan publik. Akan tetapi, pemahaman yang menyeluruh mengenai tanggung jawab dan tugas dalam jabatan fungsional pun tak kalah pentingnya.

BACA JUGA  Peningkatan Masjid di Kukar: Pemkab Bantu Perbaikan Sarana dan Legalitas

“Proses pelantikan dan peralihan jabatan dari struktural ke fungsional telah kita laksanakan. Namun, saya menduga masih banyak rekan-rekan yang belum memahami tugas pokok dan fungsinya dengan baik,” ujar Edi.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa Pemerintahan yang efektif dan optimal membutuhkan kinerja maksimal dari seluruh pejabat. Untuk mensukseskan hal tersebut, setiap pejabat harus memahami tugasnya dengan baik dan benar.

BACA JUGA  Kantor Lurah Maluhu Relokasi Sementara, Pastikan Pelayanan Tetap Lancar

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kukar memegang peran penting dalam meningkatkan pemahaman dan kompetensi para pejabat fungsional. Sosialisasi perubahan pola pikir dan pengembangan keterampilan yang tepat sasaran harus dilakukan.

Nantinya, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kukar mempunyai peranan penting dalam memberikan pemahaman dan kompetensi kepada pejabat fungsional.

“Proses ini akan memang membutuhkan waktu, tapi saya yakin pejabat fungsional yang telah dilantik akan bisa melaksanakannya,” tegasnya.

BACA JUGA  Cegah Penumpukan Sampah Menjelang Idulfitri, Pemkab Kukar Berikan Surat Edaran

Selain itu, dulunya pemerintahan dijalankan dengan sistem yang terpusat, layaknya sebuah piramida dengan pemimpin di puncaknya. Kini, sistem tersebut telah berevolusi menjadi model yang lebih modern dan terbuka, mengadopsi prinsip-prinsip manajemen terkini dan memanfaatkan teknologi informasi untuk mencapai tujuannya.

“Kita inovasikan dengan kebutuhan hari ini, bahwa pelayanan yang diberikan kepada masyarakat harus terus berkenbang,” pungkasnya. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

Bagikan:

Berita Terkait