, , ,

Disperindag Kukar Percepat Pembangunan Pabrik Rumput Laut Di Muara Badak

Foto: Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah. (istimewa)

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan melanjutkan pembangunan Pabrik Rumput Laut di Kecamatan Muara Badak di tahun 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, pada Minggu (21/4/2024). Ia menyampaikan, bahwa Pemerintan Kabupaten (Pemkab) Kukar telah menggelontorkan dana senilai Rp20 miliar untuk pembangunan pabrik ini.

BACA JUGA  Bupati Kukar Bagikan Bantuan di Kelurahan Sungai Merdeka

“Anggarannya disiapkan untuk pembangunan fasilitas pendukung pabrik, seperti mushola, pagar dan semenisasi jalan,” ungkapnya.

Dia meyakini, pada akhir tahun 2024 proses pembangunan ditargetkan selesai. Lalu, untuk pengoperasian pabrik dimulai tahun 2025.

“Kami targetkan selesai di akhir tahun, hanya tinggal menyelesaikan komponen inti dan pendukung,” jelasnya.

Lanjutnya, dengan adanya pabrik rumput laut ini akan membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar wilayah Muara Badak. Tentunya, setelah rumput lauh diolah harga ekonomisnya akan naik, dibandingkan rumput laut mentah.

BACA JUGA  Mudahkan Pelayanan Masyarakat, Kecamatan Kota Bangun Darat Dirikan Kantor Pemerintahan Terpadu

Melihat sektor pertanian rumput laut Muara Badak yang menjanjikan, Sayid berharap, petani tidak lagi menjual hasil panen mentah namun dapat diolah terlebih dahulu.

“Harapannya pabrik ini bisa jadi solusi petani rumput laut meningkatkan ekonomi dan kesejahteraannya,” pungkasnya. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

Bagikan:

Berita Terkait