, ,

Edukasi dan Mesin Pencacah Sampah Diberikan Pemerintah Kecamatan Muara Wis

Foto: Ilustrasi Sampah. (istimewa)

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Kesigapan terlihat dari upaya Pemerintah Kecamatan Muara Wis dalam memerangi sampah di wilayahnya, terutama di Desa Melintang. Salah satu langkah nyata mereka adalah dengan menghadirkan alat pencacah sampah khusus di desa tersebut.

Mesin pencacah sampah ini bertujuan untuk mengurangi drastis volume sampah yang menumpuk dan mencemari lingkungan. Upaya ini diiringi dengan program edukasi gencar yang menyasar masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di bantaran Sungai Mahakam.

BACA JUGA  Wabup Rendi Solihin Beri Contoh, Warga Kukar Diminta Taat Lapor SPT 2023

Edukasi gencar ini menekankan pentingnya tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke sungai. Dijelaskan oleh Camat Muara Wis, Fadhli Annur, pada Kamis (25/4/2024). Ia pun menegaskan komitmennya dalam memberikan edukasi rutin tentang pengelolaan sampah di daerah pesisir sungai.

“Mesin pencacah sampah di Desa Melintang hadir sebagai solusi inovatif. Fungsinya tak hanya menghancurkan sampah, namun direncanakan untuk dioptimalkan lebih lanjut,” tuturnya.

BACA JUGA  Pemkab Kukar Fokus Tingkatkan Nilai Ekonomi Lokal Melalui Hilirisasi Produk Pangan

“Prosesnya memang membakar dan menyisakan abu, namun kedepannya kami akan kembangkan agar sampah bisa diolah menjadi produk bermanfaat,” tambahnya.

Langkah ini menunjukkan komitmen serius Pemerintah Kecamatan Muara Wis dalam mengatasi masalah sampah secara berkelanjutan. Mereka berharap solusi ini dapat mengatasi masalah sampah di Desa Melintang secara permanen.

“Hasil sisa pembakaran mesin pencacah ini akan diupayakan untuk dimanfaatkan, entah menjadi pupuk atau lainnya,” pungkasnya. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

BACA JUGA  Pengawasan dan Audit Arsip dilakukan Diarpus Kukar Kepada BPBD Kukar

Bagikan:

Berita Terkait