, ,

Raih Beragam Prestasi, Sunggono Paparkan Capaian Kinerja 2023 di DPRD Kukar

Foto : Sekda Kukar, Sunggono memberikan LKPJ 2023 ke DPRD Kukar. (istimewa)

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Dalam Rapat Paripurna ke-7 Masa Sidang ke II, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono, telah memaparkan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Kukar tahun anggaran 2023 pada Kamis, (28/3/2024) lalu.

Penyampaian LKPJ ini merupakan wujud pertanggungjawaban kepala daerah pada tahun kedua periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, yang tertuang dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2023.

Sunggono pun memberikan apresiasi kepada DPRD Kukar dan seluruh jajaran Forum Komunikasi dan Pimpinan Daerah (Forkopimda) atas dukungan dan kerjasama yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah selama tahun 2023.

“Atas nama pemerintah daerah, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Forkopimda atas kolaborasi dan sinerginya dalam mensukseskan program-program pembangunan di tahun 2023,” ucapnya.

Dalam paparannya, Dirinya juga menyampaikan bahwa Pembangunan di Kukar menunjukkan prestasi gemilang pada tahun 2023. Hal ini dibuktikan dengan dua indikator utama, yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan angka kemiskinan yang menunjukkan tren positif.

BACA JUGA  Dominasi Sektor Pertanian Kukar, Bawa Manfaat Bagi Masyarakat dan Daerah

IPM Kukar pada tahun 2023 mencapai 75,95 persen, meningkat 0,85 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan ini mencerminkan peningkatan kualitas hidup masyarakat Kukar di berbagai aspek, seperti pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Angka kemiskinan di Kukar pada tahun 2023 berhasil ditekan hingga 7,61 persen, turun 4,397 persen dari tahun sebelumnya. Pencapaian ini merupakan hasil nyata dari berbagai program pengentasan kemiskinan yang diimplementasikan oleh pemerintah daerah.

“Rumah Besar Pengentasan Kemiskinan merupakan terobosan Pemkab Kukar yang membuka jalan bagi kerjasama multipihak, guna mempercepat penanggulangan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” Kata Sunggono.

Tentunya, Pemkab Kukar tak henti-hentinya berikhtiar untuk mengangkat derajat kehidupan masyarakatnya. Beragam program digulirkan, menyentuh berbagai aspek kehidupan, mulai dari Meningkatkan kualitas hidup, Memperkuat ketahanan pangan, Meningkatkan kualitas pendidikan, Memberdayakan masyarakat.

BACA JUGA  Perangi Stunting di Kukar, Tim Pendamping Keluarga dikerahkan oleh DP2KB

Melalui program-program tersebut, Pemkab Kukar optimis dapat mencapai target angka kemiskinan nol persen pada tahun 2024. Kolaborasi dari semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat, menjadi kunci utama dalam mewujudkan cita-cita mulia ini.

Sebagai bukti komitmennya, Pihaknya telah menunjukkan kinerjanya yang gemilang di tahun 2023. Sebanyak 54 penghargaan dalam berbagai bidang pembangunan berhasil diraih, menjadi bukti nyata dedikasi Pemkab Kukar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Bukan hanya itu, dibawah naungan Edi Damansyah, selaku Bupati Kukar, Pemkab kembali menunjukkan kebolehannya dengan mengantongi berbagai penghargaan tingkat Regional Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Penghargaan ini merupakan hasil dari dedikasi dan kerja keras Pemkab Kukar dalam berbagai bidang, baik dari Pemerintah Provinsi Kaltim (Pemprov Kaltim) maupun lembaga non pemerintah.

Berikut adalah daftar penghargaan yang diraih Pemkab Kukar:
* Bidang Keagamaan: Terbaik I Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Keagamaan.
* Hubungan Antar Umat Beragama: Terbaik I Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Hubungan Antar Umat Beragama
* Statistik Sektoral: Terbaik I Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Statistik Sektoral.
* Tanaman Pangan dan Holtikultura: Terbaik I Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura.
* Pembangunan Perkebunan: Terbaik I Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Pembangunan Perkebunan
* Perhubungan: Terbaik I Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perhubungan Kategori Kabupaten.
* Kebudayaan: Terbaik I Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Kebudayaan
* Kesehatan: Terbaik I Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Kesehatan Kategori Kabupaten.
* Kesejahteraan Sosial: Terbaik I Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Kesejahteraan Sosial Penyelenggaraan Penataan Ruang.
* Kearsipan: Terbaik I Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Kearsipan
* Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Terbaik I Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
* Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN): Terbaik I Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Kabupaten.

BACA JUGA  Satu-Satunya di Kaltim, Rainbow Slide Hadir di Desa Batuah

“Pencapaian ini merupakan hasil nyata dari komitmen Pemkab Kukar untuk membangun Kukar secara merata dan berkelanjutan,” tandasnya. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

Bagikan:

Berita Terkait