, ,

Desa Perangat Selatan Genjot Pembangunan di Tahun 2024

Foto: Kepala Desa Perangat Selatan, Sarkono. (istimewa)

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Di tahun 2024 ini, Desa Perangat Selatan, Kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara (Kukar), memantapkan komitmennya untuk memajukan desa melalui pembangunan infrastruktur yang menyeluruh. Upaya ini mencakup pembangunan fisik dan non-fisik, demi mewujudkan desa yang semakin maju dan sejahtera bagi seluruh warganya.

Fokus utama pembangunan tahun ini adalah peningkatan jaringan jalan. Jalan-jalan yang menghubungkan antar desa dan perkampungan akan diperluas dan diperbaiki secara bertahap.

Hal ini merupakan kelanjutan dari upaya berkelanjutan yang telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan konektivitas di desa. Dengan akses jalan yang lebih baik, diharapkan mobilitas warga dan perputaran ekonomi desa akan semakin lancar.

BACA JUGA  Desa Kersik Berhasil Memproduksi Garam Secara Mandiri

Selain jalan, Desa Perangat Selatan juga menyadari pentingnya air bersih bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, desa ini berinisiatif untuk membangun jaringan air bersih. Program ini diharapkan dapat mengatasi kesulitan air bersih yang dialami oleh beberapa wilayah di sekitar desa, sehingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

Sebagai bentuk komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup warganya, Kepala Desa Perangat Selatan, Sarkono, menyatakan, “Masih terdapat beberapa rumah tangga yang belum memiliki akses ke jamban yang layak,” ungkapnya, pada Minggu (7/4/2024).

BACA JUGA  Qurais Ismail Resmi Terpilih sebagai Ketua F-PKB DPRD Kukar

Ia juga menyampaikan, penanggulangan stunting juga dilakukan dengan mengaktifkan kader posyandu, melalui pemeriksaan kesehatan dan edukasi kepada calon pasangan suami istri dengan KB.

Nantinya, dalam merealisasikan programnya, Pihaknya akan menggunakan APBDes dan CSR Perusahaan.

“Pemeriksaan kesehatan dan edukasi kita berikan, stunting harus kita cegah sejak awal,” ujarnya.

Sarkono, memiliki tekad kuat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Salah satu program prioritasnya adalah memperluas akses penerangan bagi seluruh warga desa.

BACA JUGA  Kecamatan Tenggarong Gelar MTQ di Kelurahan Jahab, Mulai 1 Mei 2024

Bekerja sama dengan PLN, Sarkono telah berhasil memasang 63 tiang listrik di tahun 2023. Di tahun 2024 ini, program ini akan dilanjutkan di RT 16 dengan tujuan mulia: memastikan semua warga desa mendapatkan penerangan yang memadai.

Dengan tekad dan kerja sama, Kades Perangat Selatan ini yakin bahwa program-program pembangunan ini, baik fisik maupun non fisik, akan membawa masa depan yang lebih cerah bagi desa dan seluruh warganya. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

Bagikan:

Berita Terkait