, ,

Pemerintah Kelurahan Maluhu Berencana Percantik Wisata Daerahnya

Foto: Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro. (istimewa)

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Pemerintah Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, akan mengembangkan dua sektor pariwisata, yakni wisata alam dan wisata religi.

Hal ini disampaikan oleh Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro, pada Selasa (23/4/2024). Dirinya yakin bahwa dua wisata yang akan dikembangkan nanti dapat menarik banyak pengunjung.

“Kita memiliki Waduk Sumber Rejo yang jadi salah satu wisata alam,” tuturnya.

BACA JUGA  Posyandu Delima Wakili Kecamatan Anggana di Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Kukar 2024


Waduk Sumber Rejo saat ini telah berfungsi sebagai irigasi bagi persawahan di Kelurahan Maluhu, dan akan dibangun menjadi ikon wisata baru.

Ia menyampaikan bahwa rencana pengembangan waduk tersebut telah disetujui oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara. Dengan pengalokasian dana sebesar Rp3,5 miliar untuk membangun Waduk Sumber Rejo tersebut.

Dana yang telah disiapkan, nantinya akan digunakan untuk mempercantik dan menata ulang waduk, serta menambahkan berbagai fasilitas pendukung wisata.

BACA JUGA  Pemkab Kukar Ingin Pindahkan CFD Tenggarong ke Kawasan Budaya

Tak hanya wisata alam, Kelurahan Maluhu juga memiliki potensi wisata religi yang tak kalah menarik, yaitu Goa Maria. Goa ini merupakan tempat ziarah favorit bagi umat Katolik di Maluhu dan sekitarnya. Untuk meningkatkan daya tariknya, akses jalan menuju wisata telah diperbaiki dan diperlebar.

Tri Joko dan jajarannya juga berencana bekerja sama dengan pengelola Goa Maria untuk menambahkan fasilitas penunjang wisata, seperti spot UMKM dan gazebo.

BACA JUGA  Pemerintah Kecamatan Loa Kulu Segera Mulai Pembangunan Infrastruktur

Beliau berharap dapat meningkatkan kenyamanan pengunjung dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dengan mengembangkan dua sektor wisata di wilayahnya.

“Pengembangan wisata ini salah satu upaya kami untuk memperkenalkan Maluhu kepada masyarakat luas,” pungkasnya. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

Bagikan:

Berita Terkait