, ,

Tahap Seleksi Paskibraka Kukar Memasuki Proses Akhir, 152 Pelajar Bersaing Ketat

Foto: Proses Seleksi Paskibraka oleh Kesbangpol Kukar.

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Kartanegara (Kukar) tengah melaksanakan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kukar.

Diikuti sebanyak 152 pelajar, mereka tengah memperebutkan posisi anggota Paskibraka Kukar. Mereka tengah menjalani tahap akhir seleksi yang meliputi tes fisik, kemampuan baris-berbaris, parade, psikotes, dan wawancara.

Sejak 22 hingga 26 April 2024, para peserta telah menunjukkan ketangguhan mereka dalam tes samapta, PBB, dan parade di Kodim 0906/KKR. Sementara untuk psikotes, mereka diuji kemampuan mentalnya di kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kukar.

BACA JUGA  Salurkan Bantuan Untuk Nelayan, Pemdes Muara Muntai Ilir Dukung Sektor Perikanan

Kepala Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti, menegaskan bahwa seleksi Paskibraka telah memasuki babak akhir.

“Saat ini kita memasuki tahap akhir seleksi Paskibraka Kukar. Selanjutnya adalah tahap wawancara melalui zoom pada tanggal 29 April untuk mengetahui minat dan bakat para peserta,” tuturnya, pada Rabu (24/4/2024).

Ia mengatakan, proses seleksi ini ditargetkan selesai paling lambat tanggal 3 atau 4 Mei. Sebab, pada tanggal 8 Mei, nama-nama yang terpilih sudah harus diserahkan.

Tim Seleksi Paskibraka Kukar menargetkan 36-40 orang untuk bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih di lapangan kantor Bupati Kukar pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang. Oleh karena itu, seleksi dilakukan dengan sangat ketat dan selektif.

BACA JUGA  Salurkan Tandon Air, Pemdes Saliki Peduli Terhadap Kebutuhan Air Bersih Warga

Sebelumnya, pendaftaran seleksi telah dilakukan secara online melalui Aplikasi Transparansi Paskibraka. Selain itu, pengawasan seleksi dilakukan langsung oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dari pusat.

Tak hanya fisik, Tim Seleksi Paskibraka Kukar juga akan mengirimkan empat orang pelajar untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Nantinya, pihak provinsi juga akan melakukan seleksi untuk tingkat nasional.

BACA JUGA  Sekda Kukar Instruksikan OPD Prioritaskan Dana Atasi Krisis Air di Lahan Pertanian

Diriny menekankan bahwa seleksi ini bukan hanya tentang fisik, tetapi juga mental. “Dalam seleksi ini, kami tidak hanya melihat kondisi fisik, tetapi juga mental para peserta. Jika kondisi fisik bagus tetapi mentalnya tidak, maka secara otomatis tidak dapat direkomendasikan,” ujarnya.

Hasil seleksi akan diputuskan dalam rapat pleno. Pelatihan dasar (pusdiklat) akan dimulai pada tanggal 15 Juli hingga 17 Agustus di Asrama Atlet Kukar. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

Bagikan:

Berita Terkait