, ,

Salurkan Bantuan Untuk Nelayan, Pemdes Muara Muntai Ilir Dukung Sektor Perikanan

Foto: Kepala Desa Muara Muntai Ilir, Arifadin Nur. (istimewa)

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Di Desa Muara Muntai Ilir, Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) upaya untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berbahagia terus digulirkan.

Salah satu program unggulan yang dicanangkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Muntai Ilir adalah bantuan alat tangkap ikan bagi para nelayan, yang mayoritas menjadi mata pencaharian utama di desa tersebut.

Program ini sejalan dengan visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2021-2026 di bawah kepemimpinan Edi Damansyah dan Rendi Solihin, yaitu mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia.

BACA JUGA  Pembangunan Kantor Baru Lurah Maluhu Disegerakan

Menurut Kepala Desa (Kades) Muara Muntai Ilir, Arifadin Nur, program bantuan alat tangkap ikan ini telah berjalan selama hampir dua tahun dan menunjukkan dampak positif yang signifikan.

“Bantuan bibit dan keramba ikan telah memberikan hasil yang menggembirakan bagi para nelayan,” jelas Arifadin pada Sabtu (20/4/2024).

Ia menerangkan, pada tahun 2024 ini, program pemberdayaan nelayan di Muara Muntai Ilir dipastikan akan berlanjut. Bantuan yang diberikan tahun ini meliputi bibit ikan mas dan nila, pakan ikan, serta sekitar 40 kotak keramba ikan.

BACA JUGA  Disdamkarmatan Kukar Terbangkan Drone Canggih Untuk Lakukan Pemantauan

Kesejahteraan masyarakat Muara Muntai Ilir tak hanya difokuskan pada sektor perikanan. Pemdes Muara Muntai Ilir juga memiliki program lain untuk meningkatkan kapasitas para Ketua RT dan perangkat desa.

Dalam waktu dekat, program ini akan dijalankan melalui kolaborasi dengan salah satu desa di pulau Jawa.

“Meskipun telah berstatus Desa Mandiri, kami tetap berkomitmen untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan demi kesejahteraan masyarakat. Desa Mandiri bukan hanya mandiri dalam infrastruktur, tetapi juga dalam peningkatan penghasilan tanpa bantuan,” ujarnya.

BACA JUGA  Camat Kembang Janggut Sambut Baik Agenda dari Kesbangpol Kukar

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, Kades Muara Muntai Ilir itu berharap desa ini dapat terus berkembang dan menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kukar. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

Bagikan:

Berita Terkait