, , ,

APTRINDO Kaltim Gelar Raker di Balikpapan, IKN Jadi Bahasan

Infonesia.net, Balikpapan – Memperkuat persiapan Aptrindo Kaltim dalam mendukung pembangunan IKN, menjadi tujuan dalam pelaksanaan Rapat Kerja DPD Aptrindo Kaltim yang di gelar pada kamis (13/3).

Rapat Kerja (Raker) ke-1 masa bakti 2022-2027 di Hotel Ultima Horison Balikpapan itu, membahas berbagai poin penting, termasuk keanggotaan, STID, dan program-program jangka pendek dan jangka panjang, dengan fokus utama pada memperkuat posisi pengusaha truk lokal di Ibu Kota Negara (IKN).

Ketua DPD Aptrindo Kaltim, H. Ibrahim, ditemui di sela kegiatan menjelaskan, Raker ini bertujuan untuk memperkuat persiapan Aptrindo Kaltim dalam mendukung pembangunan IKN.

BACA JUGA  Jokowi: Harga Kebutuhan Pokok di Samarinda Terkendali, Beras Premium Masih Tinggi

“Kami ingin memastikan pengusaha truk lokal mendapatkan peluang yang adil dalam proyek-proyek di IKN,” ungkapnya.

Salah satu fokus utama Raker adalah memperketat proses seleksi anggota Aptrindo melalui STID (Single Truck Identification Data).

“Kita ingin memastikan bahwa anggota Aptrindo benar-benar pengusaha lokal yang memenuhi persyaratan,” ujar H. Ibrahim.

Raker juga membahas berbagai tantangan yang dihadapi pengusaha truk lokal, seperti persaingan dengan pengusaha dari luar daerah dan regulasi yang kurang berpihak.

BACA JUGA  BPBD Kukar dan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Jalin Kerjasama Perkuat Kemampuan Rescue

H. Ibrahim menjelaskan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah terkait regulasi yang adil dan mendorong pengusaha lokal untuk mengikuti prosedur yang benar.

Aptrindo Kaltim juga akan membatasi jumlah truk yang didaftarkan oleh satu perusahaan untuk mencegah monopoli dan memastikan peluang yang merata bagi semua pengusaha lokal.

H. Ibrahim menegaskan bahwa menjadi anggota Aptrindo memiliki banyak keuntungan, terlebih mengingat Aptrindo merupakan asosiasi di bawah naungan Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA  Hadiah Umrah Diberikan Bupati Kukar dalam Kegiatan Pengajian dan Buka Puasa Bersama

“Kita juga akan memperjuangkan hak-hak anggota dalam proyek-proyek di IKN,” ujarnya.

Saat ini, Aptrindo Kaltim memiliki sekitar 1.200 anggota di Balikpapan.

H. Ibrahim menargetkan untuk meningkatkan jumlah anggota dan memperluas jangkauan Aptrindo ke seluruh Kalimantan Timur.

“Aptrindo Kaltim berkomitmen untuk mendukung pembangunan IKN dan memastikan pengusaha lokal mendapatkan manfaat dari peluang yang tersedia,” tutup H. Ibrahim.

Bagikan:

Berita Terkait