Inovasi DiSAPA Kukar Raih Penghargaan Apresiasi Daerah Peduli Keterbukaan Informasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meraih penghargaan Apresiasi Daerah Peduli Keterbukaan Informasi Publik dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia.
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meraih penghargaan Apresiasi Daerah Peduli Keterbukaan Informasi Publik dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia.

Infonesia.net – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meraih penghargaan Apresiasi Daerah Peduli Keterbukaan Informasi Publik dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara malam puncak perayaan HUT ke-12 Kompas TV yang bertajuk “Indonesia 12aya” pada Senin (11/9/2023) malam.

“Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen Pemkab Kukar dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik,” ujar Bupati Kukar Edi Damansyah.

BACA JUGA  Edi Optimis Menara Mahkota Tuah Himba Jadi Ikon Baru

Inovasi DiSAPA (Digitalisasi Pelayanan Publik) menjadi salah satu faktor utama Pemkab Kukar meraih penghargaan tersebut. Program DiSAPA telah diterapkan di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kukar. Dengan membangun situs web, semua informasi dan layanan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.

“Semua informasi dan layanan tersebut telah tersedia dalam format digital melalui program DiSAPA ini,” kata Edi Damansyah.

BACA JUGA  Pemdes Rapak Lambur Genjot Produksi Pertanian dan Peternakan

Selain itu, Pemkab Kukar juga mendorong seluruh Badan Publik di tingkat Kabupaten hingga Desa untuk secara transparan dan terbuka menyuguhkan informasi melalui website, media sosial, dan pelayanan langsung di Desk Pelayanan PPID.

Penghargaan Apresiasi Daerah Peduli Keterbukaan Informasi Publik diberikan kepada lima daerah yang dinilai memberikan kontribusi nyata dalam mendukung keterbukaan informasi publik, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

BACA JUGA  Disdamkarmatan Kukar Perkuat Kesiapsiagaan dengan Penambahan Personil dan Alat Pemadam Kebakaran

Selain Kukar, penghargaan tersebut juga diberikan kepada Kabupaten Talaud, Kota Probolinggo, Kabupaten Pulau Taliabu, dan Kabupaten Tapin.

Bagikan:

Berita Terkait