, ,

Program Kukar Berkah Berhasil Revitalisasi 279 Rumah Ibadah

Foto: Bupati Kukar, Edi Damansyah saat meletakan batu pertama pembangunan masjid. (istimewa)

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Sejak kurun tiga tahun terakhir, terhitung sejak 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) telah menggencarkan program revitalisasi rumah ibadah.

Hasilnya, Sebanyak 279 rumah ibadah di Kukar telah berhasil dipermak menjadi lebih megah dan nyaman. Capaian ini bahkan melampaui target awal yang dicanangkan, yaitu 250 rumah ibadah.

Bupati Kukar, Edi Damansyah, menyampaikan bahwa program ini lebih dari sekadar renovasi fisik, program “Kukar Berkah” ini bertujuan untuk memakmurkan rumah ibadah dan memberdayakan masjid.

BACA JUGA  Silaturahmi Bupati Kukar dan Ketua RT se-Tenggarong, Bahas Keamanan Jelang Idulfitri 2024

“Selain kita berikan bantuan perbaikan, kita juga menginginkan adanya peningkatan pengelolaan dan kemakmuran masjid,” jelasnya.

Ia mengingatkan warganya untuk turut aktif dalam memajukan masjid. Diperlukan peran aktif Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dalam mengelola masjid dengan baik, baik dalam hal administrasi, kegiatan keagamaan, maupun pemeliharaan fisik.

Tak hanya itu, peran Ikatan Remaja Masjid (IRMA) pun tak kalah penting. IRMA bertugas membantu merawat peralatan ibadah, menyelenggarakan pendidikan Al-Qur’an dan pengajian, serta memanfaatkan area sekitar masjid untuk kegiatan pemberdayaan ekonomi.

BACA JUGA  BAZNAS dipercaya Bupati dan Pejabat Kukar Untuk Salurkan Zakat

“Peran IRMA juga penting, untuk membantu perawatan dan penyelenggaraan kegiatan ibadah di masjid,” ucapnya.

Lebih lanjut, Orang nomor satu Kukar tersebut menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan Pemkab Kukar tak hanya terbatas pada renovasi fisik. Pemkab Kukar juga mendorong peningkatan kreativitas dan inovasi dalam tata kelola masjid. Hal ini termasuk penerapan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel, serta ide-ide kreatif untuk mewujudkan kemandirian masjid melalui kewirausahaan.

BACA JUGA  Pemdes Perjiwa Memberikan Perhatian Terhadap Kelompok Budidaya Ikan

Program Kukar Berkah tak hanya mempercantik rumah ibadah, tetapi juga memperkuat fungsinya sebagai pusat komunitas dan spiritualitas. Keberhasilan ini menjadi bukti komitmen Pemkab Kukar dalam memprioritaskan infrastruktur keagamaan dan kesejahteraan sosial masyarakatnya.

“Alhamdulillah, Saat ini, sudah banyak masjid di Kukar yang telah berubah ke manajemen yang lebih profesional, berkat dorongan dari Pemkab Kukar,” pungkasnya. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

Bagikan:

Berita Terkait