, ,

Mengatasi Masalah Sampah, Pemerintah Desa Batuah Hadirkan Program Inovatif

Foto: Sampah yang dipilah di Desa Batuah. (istimewa)

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Pemerintah Desa Batuah di Kecamatan Loa Janan menghadirkan solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan sampah melalui Program Gerakan Pilah Sampah Dari Rumah (AKAN PISAH RUMAH). Program ini merupakan kolaborasi antara pemerintah desa, masyarakat, dan Rumah Berkah Limba Kreative (RBLK) Batuah.

“Dengan berdirinya bank sampah, kami berkolaborasi dengan RBLK Batuah untuk mengelola sampah secara efektif,” ujar Kepala Desa Batuah, Abdul Rasyid, pada Senin (8/4/2024).

BACA JUGA  Gus Miftah Hadiri Pengajian dan Buka Puasa Bersama yang digelar Pemkab Kukar

Ia meyakini bahwa program AKAN PISAH RUMAH terbukti ampuh dalam menangani permasalahan sampah di desanya. Program ini melibatkan tim dari tingkat RT yang bekerja sama dengan pengelola bank sampah.

“Kami memiliki Peraturan Desa tentang Lembaga Pengelola Sampah yang telah dirancang dan diterapkan,” ungkapnya.

Sejak diterbitkannya peraturan desa pada November 2023, pengelolaan sampah mulai dijalankan secara bertahap. Dimulai dari tingkat RT, semangat kebersamaan masyarakat menjadi kunci utama. Pihaknya optimis bahwa program ini akan memberikan dampak positif bagi pengelolaan sampah di Desa Batuah.

BACA JUGA  Pemkab Kukar dan Kecamatan Kota Bangun Darat Bersatu Padu Wujudkan Visi Bersama

“Pasti ada kendala, seperti meyakinkan masyarakat bahwa sampah dapat menghasilkan nilai ekonomis. Namun, kami terus maju dan tidak patah semangat. Saat ini, manfaat program ini sudah dirasakan langsung oleh masyarakat,” tuturnya.

Beliau pun mengapresiasi kerja sama masyarakat yang luar biasa dalam penanganan sampah. Dirinya berharap program AKAN PISAH RUMAH dapat dikelola secara maksimal, meningkatkan pendapatan warga, dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah.

BACA JUGA  Disdamkarmatan Kukar Terbangkan Drone Canggih Untuk Lakukan Pemantauan

“Karena program ini terbukti berhasil, kami akan terus kembangkannya di tahun ini hingga semua permasalahan sampah di desa ini dapat teratasi sepenuhnya,” pungkasnya. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

Bagikan:

Berita Terkait