, ,

Merespon Aspirasi Masyarakat, Pemdes Loleng Salurkan 1000 Bibit Sawit Ke Petani

Foto: Ilustrasi Bibit Sawit. (istimewa)

Infonesia.net, Kutai Kartanegara – Pemerintah Desa (Pemdes) Loleng, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan ribuan bibit pohon kelapa sawit kepada petani di wilayahnya.

Penyaluran bibit ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Desa Loleng dalam mendukung program ketahanan pangan dan pengembangan sektor pertanian di Kukar, sesuai dengan visi dan misi Kukar Idaman dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

BACA JUGA  Posyandu Delima Wakili Kecamatan Anggana di Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Kukar 2024


Kepala Desa Loleng, Rafi’i, menyampaikan bahwa pengadaan bibit sawit ini didasari oleh aspirasi masyarakat yang kebanyakan berprofesi sebagai petani kelapa sawit.

“Mayoritas disini (Desa Loleng) memang petani sawit, dan setiap kepala keluarga memiliki lahan kebun sawit sekitar satu hingga dua hektar,” jelasnya, pada Senin (22/4/2024).

Ia melanjutkan, menanggapi keluhan warga tentang kesulitan mendapatkan bibit berkualitas, Pemdes Loleng turun tangan menyalurkan 1.000 bibit sawit unggul kepada para petani.

BACA JUGA  Jalan Muara Badak-Marangkayu Akan Dikelola Oleh Pemprov Kaltim

“Warga sering mengeluhkan kendala dalam mencari bibit yang baik dan bermutu. Maka, kami berinisiatif untuk membantu mereka dengan menyediakan bibit unggul ini,” ungkapnya.

Meskipun seribu bibit ini belum memenuhi kebutuhan seluruh petani, Rafi’i menegaskan komitmennya untuk terus menambah jumlah bantuan bibit di masa depan.

“Seribu bibit memang masih terbilang minim, hanya cukup untuk beberapa lahan saja. Namun, kami akan berusaha menambah pengadaan bibit secara bertahap. Karena, seribu bibit ini hanya dapat menjangkau sekitar 9 hektar lahan,” tandasnya. (HF/Adv/Diskominfo/Kukar)

BACA JUGA  Posko THR Disiapkan Disnakertrans Kukar Demi Menjamin Hak Pekerja

Bagikan:

Berita Terkait